Image of Tafsir Al-Mishbah Vol. 2: Surah Ali Imran; Surah an-Nisa

Printed Book

Tafsir Al-Mishbah Vol. 2: Surah Ali Imran; Surah an-Nisa



Di volume ke-2 ini, tafsir yang dibahas berkaitan dengan 2 surat setelah al-Baqarah ; ali-Imran dan an-Nisa. seperti halnya tesis umum dari tafsir ini, semua pembahasan mengarah pada munasabat al-Quran ; melihat keserasian hubungan bagian-bagian al-Quran).

Tema besar atau tujuan inti dari surat Ali-Imran (selain menceritakan tentang keluarga Imran ; salasatu keluarga mulia, meskipun bukan dari kalangan Nabi atau Rasul) adalah pembuktian tentang tauhid, keesaan dan kekuasaan Allah. swt ; serta penegasan bahwa dunia, kekuasaan, harta dan anak-anak yang terlepas dari nilai-nilai illahiah, tidak akan bermanfaat diakhirat kelak. kisah beberapa nabi yang disinggung di surat ini adalah kisah nabi Isa, dan Yahya (khususnya), serta kisah keluarga Imran, Maryam dan ibunya Maryam (atau neneknya Nabi Isa). sedangkan Imran adalah ayah dari Ibu Nabi Isa, Maryam as.

Sementara surat an-Nisa (bermakna perempuan), dimulai dengan hubungan silah ar-Rahim dan sekian banyak ketetapan hukum tentang wanita, antaralain pernikahan, anak-anak wanita, dan ditutup lagi dengan ketentuan hukum tentang mereka. betapa surat ini sangat mengutamakan dan memulyakan perempuan, karena perhatiannya yang tidak main-main. :)

Tujuan surat an-Nisa adalah persoalan tauhid yang diuraikan dalam surah ali-Imran, serta ketentuan yang digariskan dalam surah al-Baqarah dalam rangka melaksanakan ajaran agama yang telah terhimpun dalam surah al-Fatihah, sambil mencegah agar kaum muslimin tidak terjerumus dalam jurang perpecahan.


Availability

SBY01769B297.1227 SHI tSekolah Cikal Surabaya (Religion: Islam (Teacher Resorce))Available - Available

Detail Information

Series Title
Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran
Call Number
297.1227 SHI t
Publisher Lentera Hati : Jakarta, Indonesia.,
Collation
xxi + 845p; bw; hc
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9799799048102
Classification
290
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
New Edition, 5th Printing
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous