Image of Kunjungan Nyonya Tua

Printed Book

Kunjungan Nyonya Tua



Naskah drama Jerman ini diterbitkan tahun 1990. Karangan Friedrich Dürrenmat dan berjudul asli Der Besuch der alten Dame.Naskah drama ini menceritakan kunjungan nyonya tua mahakaya (kuaya ruaya buanget) bernama Claire ke Kota masa kecilnya, Gullen. Kota yang telah ditinggalkannya selama 45 tahun. Kota yang dulu mengucilkan dan mencampakkannya. Kota yang kini hancur lebur mengalami kebangkrutan.

Kota yang menjadi saksi kegairahan sepasang kekasih yang membara, antara Claire dan Ill (pacar Claire, dulu). Saksi bisu kehamilan Claire, kehamilan yang tidak diakui Ill. Bahkan keadilan tak mampu menyentuh Claire. Ill—saksi palsu—hakim.

Sekarang Claire kaya raya, pemilik segalanya. Semua bisa dibeli menurutnya. Bahkan keadilan yang tak didapatkannya dulu, kini bisa dibeli. Kini dia datang sebagai hujan ditengah kemarau panjang (tsadessst), datang membawa suami (ketujuh) dan sebuah peti mati. Bersama dua orang buta dan pelayan pribadi. Bersama ketenaran dan kekayaan yang dia miliki.

Semua warga berharap kasihnya, memelas dana untuk Kota Gullen. Kota masa kecilnya. Kota kumuh—kota kelabu. Mereka menaruh harapan pada Ill agar bisa melobi Claire. Ill menemani Claire berkeliling kota dan hutan, mengenang masa lalu yang indah. Memujinya. Mengatakan jika Claire tak berubah, Gadis “konyol” yang menjunjung tinggi keadilan. Tetap cantik sama seperti penyihir hatinya dulu. (Julukan Ill pada Claire)

Ill melakukannya dengan baik. Semua bergembira, semua mengelukan Ill. Setelah mendengar kabar Claire ingin menolong Gullen. 1 miliyar, 500 juta untuk Gullen, 500 juta untuk warga. Namun dengan satu syarat, persyaratan yang tidak bisa diterima Ill. Persyaratan yang segera ditolak walikota dan segenap warga atas nama kemanusiaan.


Availability

180404BM812 DUR kSekolah Cikal SetuAvailable - Available
180406BM812 DUR kSekolah Cikal SetuAvailable - Available
180405BM812 DUR kSekolah Cikal SetuAvailable - Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
812 DUR k
Publisher Pustaka Sinar Harapan : Jakarta.,
Collation
120p; bw; pbk
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
am108540w
Classification
812
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous