Image of Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola

Printed Book

Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola



Dahulu, Orang Rimba melihat orang luar yang pandai membaca dan menulis menggunakan bacaan hukum dan peraturan untuk mencaplok hutan mereka. Karena itulah Orang Rimba menyebut pensil sebagai “setan bermata runcing”. Setan ini begitu menyeramkan karena ia membawa perubahan-perubahan yang sering kali merugikan kehidupan masyarakat adat yang sedianya damai dan berkecukupan dari sumber daya alam yang mereka kelola.

Buku ini merupakan kumpulan pengalaman Sokola dalam mengembangkan program-program pendidikan sebagai upaya untuk membantu masyarakat adat menghadapi persoalannya sembari tetap mempertahankan adat. Tinggal bersama masyarakat adat dan beradaptasi dengan budaya setempat, serta murid-murid yang kritis, justru menjadi “sekolah” bagi para relawan Sokola hingga akhirnya membentuk metode dan pendekatan pendidikan yang ramah budaya dan dapat merespon persoalan kontekstual.

Buku ini akan membantu para guru, pegiat dan relawan pendidikan, pemerintah, perusahaan, atau siapapun yang tengah mengembangkan program pendidikan dan pemberdayaan komunitas. Buku ini juga memberi pemahaman dan meningkatkan penghargaan akan kekayaan budaya Indonesia.


Availability

190507BMSekolah Cikal SetuAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
370 ANI M
Publisher Sokola Institute : Jakarta.,
Collation
xxii; illus; bw; pbk
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786239115142
Classification
370
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous