Image of Jangan Panik 3: Anak Siaga dan Tanggap Bencana

Printed Book

Jangan Panik 3: Anak Siaga dan Tanggap Bencana



Edukasi kebencanaan bagi anak usia dini perlu diberikan, agar mereka secara dini juga dapat menyerap pengetahuan jenis bencana dan bagaimana penanggulangannya secara dini yang diberikan dalam bentuk penerimaan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan bencana.

Perlu kiranya pemerintah memperbanyak sosialisasi tentang pengurangan risiko bencana/mitigasi bencana melalui jalur pendidikan. Sekolah sebagai institusi pendidikan seharusnya tidak hanya memberikan transfer of knowledge saja, namun juga harus mampu memberikan kecakapan dan keterampilan untuk kelangsungan hidup bagi siswa ketika sudah terjun di masyarakat. Mitigasi bencana merupakan bagian dari keterampilan untuk kelangsungan hidup siswa. Siswa merupakan orang yang paling cepat mentransfer ilmu yang didapat dari sekolah untuk keluarga dan masyarakatnya. Oleh karena itu, pemberdayaan anak usia sejak dini untuk memahami mitigasi bencana merupakan langkah awal dalam membangun masyarakat sadar bencana. Sehingga ketika terjadi bencana siswa, guru, dan masyarakat tidak lagi kebingungan, panik, karena telah memahami bagaimana cara mengurangi risiko bencana.

Penanaman mitigasi bencana sejak dini di sekolah dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan cerita bergambar, latihan simulasi ringan, maupun menyisipkan materi mitigasi bencana ke dalam materi pelajaran yang sesuai.

Berisi 10 cerita anak terbaru saat menghadapi berbagai situasi darurat. Dengan 10 tema baru, semua cerita dikemas apik dengan ilustrasi menarik dan full color. Disertai tip asli supaya anak mengambil tindakan tepat saat situasi darurat yang bisa terjadi kapan saja. Ayo cari tahu kesepuluh cerita baru dari serial Jangan Panik 3!


Availability

LB01529372.8 IDE jSekolah Cikal Surabaya (Social Sciences (Primary))Currently On Loan (Due on2024-10-01)

Detail Information

Series Title
-
Call Number
372.8 IDE j
Publisher Penerbit Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia) : Jakarta.,
Collation
18x24cm; pb; ill; fc; 80p
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232168596
Classification
370
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
First Published
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous