Image of Perang Dingin Tiongkok, Malaya, Malaysia 1949-1974

Printed Book

Perang Dingin Tiongkok, Malaya, Malaysia 1949-1974



Buku ini menggambarkan tentang naik turunnya hubungan antara Tiongkok dan Malaysia sejak republik Rakyat Tiongkok (RRT) berdiri pada 1949. Bahkan, pada saat Malaya masih berada di bawah cengkraman kolonialisme Inggris.

Digambarkan pula dukungan RRT terhadap Partai Komunis Malaya (PKM) yang melakukan perang gerilya dengan para pemimpin dan pejuangnya sebagian besar terdiri dari etnik Tionghoa. Mereka berusaha untuk mengkomuniskan Malaya.

Selain itu, carut-marutnya hubungan antar kaum (antara puak Melayu dengan etnik Tionghoa) di Malaysia serta upaya RRT untuk menarik simpati dari kalangan masyarakat Tionghoa. Konflik terus berlangsung walaupun negara Malaysia sudah berdiri, karena RRT di bawah kepemimpinan Mao Zedong memberikan cap kepada para pemimpin Malaysia sebagai diguozhuyi zougou (antek Imperialis) dan sikap Tengku Abdul Rahman yang sangat anti-RRT.

Perseteruan antara Tiongkok dan Malaysia yang kian memanas, ditambah pula adanya konfrontasi Indonesia dibawah Soekarno yang melancarkan ? Ganyang Malaysia? dengan dukungan RRT. Bagaimana akhir semuanya ini? A. Dahana, penulis buku ini, dengan sangat baik memaparkan semua latar belakang dan solusi yang diperoleh.


Availability

LB01619327.1 DAH pSekolah Cikal Surabaya (Social Sciences (MSHS))Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
327.1 DAH p
Publisher Penerbit Buku Kompas : Jakarta.,
Collation
15x23cm; pb; bw; 325p
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233463553
Classification
320
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
First Published
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous