Image of Islamic Montessori : Inspired Activity

Printed Book

Islamic Montessori : Inspired Activity



Banyak dari kita yang pasti sudah mendengar istilah “Montessori”. Kemudian, setelah mengetahuinya, kita jadi ingin menerapkan Montessori di rumah ataupun di sekolah. Sayangnya, semua itu terhambat dengan beberapa alat-alat Montessori yang harus dimiliki, dan biaya yang perlu dikeluarkan pun tak murah.

Berawal dari keterbatasan-keterbatasan tadi, Zahra Zahira dengan bantuan temannya membuat rencana aktivitas belajar (lesson plan activity) yang terinspirasi dari K-13 Diknas PAUD dan filosofi metode Montessori. Dengan menggunakan alat-alat montessori sederhana yang mudah ditemukan di rumah maupun lingkungan sekitar, Zahra membagi aktivitas montessori Islami buatannya itu ke dalam 30 tema yang bisa dilaksanakan secara mingguan. Di setiap tema terdapat pula 7 area penting Montessori, yaitu Art & Craft, Islamic Studies, Language, Mathematics, Practical Life, dan Sensorial.

Dengan memberikan pengenalan nilai-nilai Islami melalui setiap aktivitas montessori, Zahra yakin sekali akan mampu mendekatkan si kecil kepada Allah, sekaligus sebagai media untuk mengenalkan ajaran-ajaran agama Islam sejak dini. Tak hanya itu, Zahra melalui buku ini juga akan membantu para orang tua untuk bisa menerapkan Montessori di rumah ataupun di sekolah.

Dalam ajaran Montessori telah dinyatakan, bahwa metode pendidikan ini harus disesuaikan dengan muatan lokal dan aspek budaya yang dimiliki oleh masing-masing negara. Oleh karena itu, buku Islamic Montessori Inspired Activity ini berisi kegiatan yang telah disesuaikan dengan budaya Indonesia.

Buku Islamic Montessori Inspired Activity ini pun dapat digunakan oleh para orang tua ataupun guru dalam mengasuh dan mendidik anak berusia 2-6 tahun. Dengan adanya buku ini, diharapkan bisa memudahkan penerapan metode Montessori di mana saja, dengan fokus pada aspek perkembangan spiritual agama Islam di setiap kegiatannya.


Availability

SRP11184L342 ZAH iSekolah Cikal SerpongAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
342 ZAH i
Publisher Bentang : Yogyakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786022915287
Classification
342
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous