Image of Ketika Sarah Marah

Printed Book

Ketika Sarah Marah



Marah merupakan sinyal emosi yang biasanya memobilisasi respons terhadap bahaya. Tak sekadar itu, marah juga merupakan bentuk ekspresi diri dan terkadang menjadi cara yang digunakan oleh anak untuk menyatakan kemandirian. Marah pada anak dapat dipicu oleh banyak hal dan tak jarang berakhir menjadi perilaku agresif.
Supaya anak Anda dapat mengendalikan kemarahannya dengan baik, maka anger management perlu diajarkan kepada mereka sedini mungkin. Anger management adalah belajar mengenali tanda-tanda pada diri saat marah dan mengambil tindakan yang sehat dalam meluapkan kemarahan. Secara sederhana, anger management adalah mengendalikan rasa marah, bukan mencegah atau menahan rasa marah.
Ajarkanlah anak Anda untuk menggunakan beberapa strategi menenangkan diri ketika mereka mulai merasakan tanda-tanda kemarahan. Anda dapat mengajarkan anak untuk mencoba mengambil napas dalam-dalam, minum segelas air, mengalihkan perhatian dengan mendengarkan lagu dan membaca buku cerita, atau bermain sendiri ketika sedang marah. Lalu, Mendorong anak untuk bertanya pada dirinya sendiri sebelum melakukan tindakan apapun berguna untuk mengontrol perilakunya terutama ketika mereka sedang marah.
Jelaskanlah kepada anak bahwa balas dendam merupakan pikiran dan tindakan yang tidak layak untuk dilakukan. Supaya anak dapat memahaminya dengan baik, pastikan Anda memberikan penjelasan yang sederhana beserta contohnya yang konkret dan masuk akal.
Semua orang pernah marah. Siapa pun boleh marah, kok. Marah itu tidak salah. Namun, apakah kamu akan terus-terusan marah? Apa yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa marahmu? Seri Mengelola Emosi mengajarkan anak mengelola emosinya dengan sehat!


Availability

B34145152 KRI kSekolah Cikal Lebak BulusAvailable

Detail Information

Series Title
Seri Mengelola Emosi
Call Number
152 KRI k
Publisher Kompas Gramedia Pustaka Utama : Jakarta Indonesia.,
Collation
unpaged ; ill.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
532011043
Classification
100
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous